Mengulas Tentang Faktor Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Restoran


Kepuasan pelanggan menjadi faktor utama untuk setiap restoran. Pelayanan yang baik dan ramah memberikan dampak positif bagi pelanggan karena mereka dianggap dihargai dan dilayani dengan baik. Kepuasan pelanggan ini yang membuat restoran menjadi terkenal dikalangan masyarakat karena pasti pelanggan yang merasa puas akan membicarakan ke teman-temannya kalau restoran tempat dia makan sangat nikmat masakannya dan nyaman pelayanannya.

Berikut ini adalah Faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan bedasarkan orang yang ahli dibidangnya:

Baca Juga : 
5 Ide Membuat Kopi Ala Kafe Mewah
Tips Cerdas Memulai Bisnis Kedai Kopi
Perhatikan Hal ini Supaya Kedai Kopi Anda Banyak Pengunjung
Proses Pertumbuhan Kopi

Mengenal Lebih Dekat Tentang Biji Kopi

Lupiyoadi

Mengatakan ada 5 faktor utama yang harus diperhatikan oleh restoran ataupun perusahaan yaitu :
- Kualitas produk
- Kualitas pelayanan
- Emosional
- Harga
- Biaya

Budiasturi

- Kualitas produk
- Harga
- Service Quality
- Emotional Factor

Parasuraman, Zeithmal dan Berry

- Kesenjangan antara harapan konsumen dengan manajemen
- Kesenjangan antara pandangan manajemen dengan spesifikasi kualitas pelayanan
- Kesenjangan antara penyajian pelayanan dan komunikasi eksternal
- Kesenjangan antara penyajian pelayanan dan komunikasi eksternal
- Kesenjangan antara pelayanan yang dirasakan dengan pelayanan yang diharapkan

Zeithmalh

- Nayata/berwujud (Tangible)
- Keandalan (Reliability)
- Cepat tanggap (Responsiveness)
- Kompetensi (Competence)
- Kemudahan (Access)
- Keramahan (Courtesy)
- Komunikasi (Communication)
- Kepercayaan (Credibility)
- Keamanan (Security)
- Pemahaman pelanggan (Understanding the customer)

Beberapa pendapat dari ahli diatas bisa dijadikan pertimbangan untuk membangun sebuah restoran ataupun perusahaan. Pelayanan yang baik harus diutamakan untuk membuat para pelanggan betah dan berkunjung kembali ke tempat anda.



Share:

0 komentar