Manfaat Cumi-Cumi Bagi Kesehatan Tubuhmu

Manfaat Cumi-Cumi Bagi Kesehatan Tubuhmu


Seafood adalah makanan laut yang sangat lezat dan kaya manfaat bila disajikan dengan benar. Salah satunya adalah cumi-cumi.

Cumi-cumi memiliki banyak manfaat yang terkandung didalamnya. Makhluk yang merupakan anggota dari keluarga moluska, yang masih berkerabat dengan gurita. Cumi memiliki rasa sendiri yang kenyal dan sedikit manis.

Cumi-cumi memang memiliki banyak manfaat. Ada kandungan vitamin dan mineral yang terkandung didalamnya. Namun hati-hati ya jangan terlalu banyak mengkonsumsi cumi-cumi karena hewan ini memiliki kandungan lemak, kolestrol jenus, sodium yang cukup tinggi.

Berikut Ini Adalah Manfaat Yang Terkandung Dalam Cumi-Cumi 

Jika dilihat dari kandungan gizi Cumi-Cumi

Kalau dikira-kira satu porsi cumi goreng mengandung sekitar 150 kalori, 15 gram protein, 6,4 gram lemak dan 6,3 gram karbohidrat. Kandungan lemak cumi sekitar 10 persen dari kebutuhan harian. Kadar protein menyumbang 31 persen dari kebutuhan harian yang diperlukan. Cumi-cumi juga mengandung sedikit karbohidrat dengan hanya 2 persen dari kebutuhan harian.

Vitamin yang terkandung dalam Cumi-Cumi

Seperti makanan seafood yang lainnya, cumi-cumi juga merupakan sumber yang kaya vitamin B. Satu porsi cumi mengandung 31 persen dari angka kecukupan gizi yang dianjurkan. Zat riboflavin dan 14 persen dari dari kebutuhan harian untuk zat niasin. Vitamin ini sangat penting untuk meningkatkan nafsu makan yang sehat dan pencernaan, serta membantu produksi energi, pemeliharaan kulit dan fungsi neurologis. Cumi cumi juga mengandung sejumlah vitamin penting lainnya amun dalam kadar yang kecil.

Mineral yang terkandung dalam Cumi-Cumi

Cumi sangat kaya mineral disbanding vitamin. Hewan ini menyediakan 17 persen dari kebutuhan harian untuk fosfor, dan 10 persen untuk seng serta 8 persen untuk magnesium. Mineral sendiri dapat membantu dalam sintesis protein, produksi energi, kesehatan tulang, fungsi kekebalan tubuh, proses neurologis, pertumbuhan dan perkembangan yang normal, serta reproduksi dan regulasi glukosa yang dapat membantu mencegah atau memperbaiki diabetes.

Kadar Merkuri yang terkandung dalam Cumi-Cumi

Kontaminasi merkuri adalah masalah dengan beberapa jenis makanan laut, tetapi Anda tidak perlu khawatir tentang hal ini pada cumi. Biasanya cumi cumi adalah salah satu jenis makanan laut yang memiliki tingkat terendah dari merkuri, sehingga Anda dapat dengan tenang menikmatinya hingga dua porsi dengan 6 ons per minggu, menurut American Pregnancy Association.

Baca Juga : 
5 Ide Membuat Kopi Ala Kafe Mewah
Tips Cerdas Memulai Bisnis Kedai Kopi
Perhatikan Hal ini Supaya Kedai Kopi Anda Banyak Pengunjung
Proses Pertumbuhan Kopi

Mengenal Lebih Dekat Tentang Biji Kopi

Pertimbangan manfaat yang terkandung dalam Cumi-Cumi

Cumi yang kaya akan vitamin dan mineral, namun memakan terlalu banyak cumi dapat memiliki implikasi kesehatan negatif. Satu porsi 3-ons memiliki sekitar 75 persen dari kebutuhan harian untuk kolesterol, 10 persen untuk natrium dan 8 persen untuk lemak jenuh. Asupan makanan yang berlebihan dari nutrisi ini dapat berkontribusi terhadap penyakit jantung, risiko stroke, kanker tertentu dan tekanan darah tinggi. Cobalah untuk memakan cumi yang dikukus atau direbus. Satu porsi cumi dengan berat 3-ons hanya memiliki 2 persen dari kebutuhan harian untuk lemak dan kurang dari 2 persen untuk lemak jenuh. Namun, porsi 3-ons cumi yang dikukus atau direbus masih memiliki kadar kol;sterol yang tinggi yaitu sekitar 75 persen dari kebutuhan harian.


Share:

0 komentar