Mengenal Lebih Dalam Tentang Makanan Seafood


Sudah sering kan mendengar kata "Seafood" ? Tapi apakah kalian tahu apa pengertiannya? Menurut orang awam pengertian Seafood adalah makanan laut. Memang benar seafood itu makanan laut tapi apakah hanya sebatas itu? Yuk simak penjelasan lengkapnya.

Pengertian Seafood

Seafood adalah makanan yang bahan dasarnya dari laut. Bisa jadi cumi, udang, ikan, dan lain-lain. Seafood sangat digemari oleh masyarakat karena rasanya yang lezat, gurih, nikmat, mantap, dan tak bisa dibandingkan dengan makanan yang lainnya. Ada juga masyarakat yang tidak suka Seafood bukan karena rasanya tapi karena dia mungkin alergi terhadap makanan laut.

Seperti yang kita tahu, Seafood adalah makanan favorit orang jepang. Hampir 70% makanan orang jepang bahan dasarnya adalah seafood. Jepang merupakan negara kepulauan seperti Indonesia, tak heran mengapa orang Jepang gemar sekali memakan Seafood. 

Kini tak hanya masyarakat Jepang yang gemar mengkonsumsi makanan Seafood, Masyarakat dunia sudah banyak yang menyukai Seafood terutama Indonesia.

Indonesia adalah negara kepulauan yang rata-rata daerahnya adalah lautan. Ini sangat cocok sekali untuk memanfaat hasil lautan untuk dijadikan makanan Seafood. Banyak restoran-restoran Seafood yang berdiri di Indonesia. Hampir setiap kota besar pasti ada puluhan restoran Seafood.

Olahan Seafood sangat beragam mulai dari rasa asam, manis, pahit, pedas, dan lain-lainnya tergantung restoran yang menyajikan makanan Seafood. Ada juga yang digoreng seperti udang doreng, cumi goreng dan lain-lainnya.

Manfaat Seafood Untuk Kesehatan

Banyak yang suka pasti ada banyak manfaat yang terkandung dalam makanan Seafood kan? Seafood mengandung omega-3, vitamin A, Vitamin B6, asam lemak, protein, mineral, dan masih banyak lagi. Ingat ya manfaat yang terkandung dalam Seafood berbeda-beda terganrung dari jenis Seafood itu sendiri.

Berikut ini adalah manfaat Seafood bagi kesehatan tubuh manusia :

1. Bisa memperbaiki penglihatan mata anda

Semua seafood mengandung omega-3 dan asam lemak. Semakin banyak minyak yang terkandung dalam Seafood akan semakin baik untuk kesehatan mata anda. Seafood yang mengandung vitamin A seperti kerang juga baik untuk kesehatan matamu.

2. Memperlambat penuaan dini

Salah satu manfaat Seafood yang banyak diincar oleh wanita adalah memperlambat penuaan dini. Hampir semua wanita mengidamkan kulit yang awet muda dan sehat. Kulit seperti itu bisa anda dapatkan dengan mengkonsusi Seafood.

Seafood mengandung minyak ikan yang kaya akan omega-3, asam lemak, dan juga protein. Fungsi kandungan seafood tersebut tentu saja untuk memperlambat penuaan dini pada kulit. 

3. Bisa mencegah asma

Bagi anda penderita asma dianjurkan untuk mengkonsumsi Seafood secara teratur. Manfaat Seafood untuk penderita asma adalah dapat melindungi paru-paru sakaligus dapat menyembuhkan penyakit asma. Sangat disarankan untuk para penderita asma.

4. Mengurangi depresi

Bagi kalian yang kurang piknik dan mengalami depresi ini ada obatnya. Seafood bisa meningkatkan DHA dalam tubuh sehingga dapat mengurangi depresi anda.

Untuk kalian yang tidak tahu pengertian DHA saya kasih tahu sedikit ya. DHA (docosahexaenoic acid ) adalah sejenis asam lemak tidak jenuh ganda omega-3 berantai panjang yang berada dalam setiap sel di dalam tubuh

5. Menjaga kesehatan jantung

Mengkonsumsi seafood secara teratur membantu tubuhmu untuk memerangi kolestrol jahat sehingga sangat bagus untuk jantung. Kandungan Seafood ada yang membantu memerangi kolestro jahat pada tubuh? Tentu saja omega-3.

Omega-3 dalam seafood membantu untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

6. Mengurangi pikun dini (daya ingat menurun)

Lagi-lagi peran omega-3 yang terkandung dalam seafood membantu mengurangi daya ingat yang menurun. Dengan rutin mengkonsumsi Seafood seminggu sekali bisa membantu otak dalam memelihara neuron dan sel-sel otak dan akan menghasilkan memori dan kognisi yang baik.

7. Seafood bagus untuk tulang

Bukan hanya susu yang kaya akan kalsium, ternyata Seafood juga kaya akan kalsium. Seperti yang kita tahu kalsium baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

Cara Mengolah Seafood yang Baik dan Benar

Pernah mencoba memasak Seafood sendiri dirumah tapi hasilnya tidak seperti di restoran Seafood? Memang setiap restoran memiliki cara sendiri agar Seafood mereka bercitarasa segar dan nikmat. 

Mengolah Seafood biasanya menggunakan air lemon untuk menghilangkan amisnya bukan? Ternyata fungsi lemon itu untuk membuat daging Seafood cepat matang bukan untuk menghilangkan bau amis pada Seafood. Untuk menghilangkan bau amis pada seafood sebaiknya menggunakan susu segar.

Sebenarnya ada banyak sekali Teknik mengolah Seafood yang baik dan benar. Untuk lebih lengkapnya simak artikel Cara Mengolah Seafodd Yang Baik dan Benar.

Sekian dulu untuk artikel ini. Bila ada pertanyaan seputar Seafood bisa ditanyakan di kolom  komentar :)

Share:

0 komentar