Cara Mengolah Seafood Yang Baik dan Benar

Cara Mengolah Seafodd Yang Baik dan Benar



Mengolah Seafood tidak bisa sembarangan karena Seafood biasanya memiliki bau amis dan tekstur gading yang berbeda dengan daging. Sebelum dimasak pun Seafood harus diolah sedemikian rupa agar bau amisnya hilang dan bumbu-bumbu meresap kedalam daging Seafood.

Sebelum mengulas lebih jauh tentang Cara Mengolah Seafood yang benar, mari kita belajar dulu membedakan seafood yang masih segar atau yang sudah bagi. Berikut penjelasannya :

1. Kenali tanda-tanda ikan sudah busuk
  • Mata ikan terlihat suram dan lebih tenggelam (tidak melotot kedepan)
  • Sisik ikan biasanya menempelkan dan susah untuk disisik? Kalau ikan sudah basi sisiknya akan mudah lepas dan warna sisiknya pun sudah suram
  • Lendir pada ikan yang sudah busuk justru lebih tebal dari ikan yang masih segar
  • Insan ikan bewarna biru menandakan ikan sudah tak lagi segar
  • Dinding perut sangat lembek beda sekali dengan ikan yang masih segar
  • Warna ikan jika dilihat keseluruhan bewarna gelap atau suram
2. Sekarang ciri-ciri ikan yang masih segar
  • Mata jernih dan menonjol kedepan (melotot kedepan)
  • Sirik ikan jauh lebih melekat di kulit ikan, warna sisik cerah
  • Tidak ada lendir pada ikan
  • Insan ikan yang masih segar warnanya lebih merah dan terlihat segar
  • Dinding perut tidak mudah robek
  • Daging pada ikan bila disentuh terasa keras
  • Sirip ikan masih kuat
Untuk menyingkat waktu saya menulis tentang ciri ikan segar dan busuk dulu ya. Kalu ingin lebih lengkap tentangnya klik disini aja Cara Mengenali Seafood Yang Masih Segar Apa Sudah Busuk.

Sekarang kita fokus ke cara mengolah seafood yang baik dan benar hehe. Pertama-tama cara menghilangkan bau amis pada seafood gunakan susu segar lalu rendam dengan seafood tadi. Rendam selama 15 menit lalu baru olah sesuai dengan keinginan kalian.

Ingat! Melumuri daging seafood dengan lemon/jeruk tidak menghilangkan bau amis pada seafood, Kenapa? Karena fungsi lemon/jeruk adalah untuk mempercepat daging seafood itu matang bukan untuk menghilangkan bau amis pada seafood.

ehhh ngomong-ngomong sudah tahu cara membersihkan Seafood belum? Kalu belum tahu saya kasih tahu caranya hehe.

Cara membersihkan Seafood sebetulnya cukup mudah. Cuci bersih Seafood anda dan keluarkan isi perut kalau itu ikan, bersihkan cangkang kalau itu kepiting, kerang, dan kalau itu cumi tinggal cuci berulan-ulang sampai tinta pada cumi hilang.
Gampang kan :D Sekarang kita akan membahas tentang teknik mengolah seafood.

Berikut beberapa Cara Mengolah Seafood :

1. Dengan cara di Bakar

Sebetulnya cara ini banyak dilakukan anak muda yang lagi asik berkumpul-kumpul bersama teman-teman. Caranya yang cukup simpel membuat anak muda begitu suka memasak seafood dengan cara dibakar. 

Cukup buat bumbu-bumbu dasarnya dan oleskan ke Seafood, lalu bakar dengan arang sampai benar-benar matang.

Untuk mengetahui seafood matang atau tidak bisa dilihat dari tekstur daging dan warna daging yang sudah mulai berubah jadi coklat.

2. Dengan cara di Goreng

Menumis secara singkat bisa mengeluarkan cita rasa hidangan laut dalam sekejap, tanpa menutupi rasa asli daging tersebut. Anda bisa membuat seafood itu ringan dan empuk, dengan menyiramnya dengan sedikit minyak zaitun dan bumbu-bumbu, atau melapisinya dengan tepung roti yang kering. Setelah itu, goreng menjadi potongan hidangan kaya protein yang kering di luar, dan empuk di dalamnya.

3. Dengan cara di Dipanggang

Memanggang ikan menjadi cara yang baik ketika Anda memiliki banyak waktu. Sebab, untuk memanggang Anda harus memasak daging dengan panas yang tepat. Panaskan dulu oven saat Anda mempersiapkan pernak-pernik hidangan, berikut bumbunya. Bumbu akan menambahkan cita rasa pada seafood dan menjaganya agar tetap lembab dan empuk. Iris daging ikan tebal-tebal, termasuk untuk daging dengan kandungan lemak yang tinggi, agar daging tidak kering ketika dipanggang.

4. Dengan cara di Direbus

Merebus hidangan laut butuh ketrampilan khusus. Anda harus menjaga agar apinya tidak terlalu besar sehingga didihan air tidak terlalu besar, dan waktunya dibatasi. Jika tidak, daging akan menjadi keras. Ketika air rebusan berada dalam suhu yang pas dan dibumbui dengan benar, hasilnya adalah hidangan dengan satu rasa. Anda bisa merebus dengan air, anggur, atau kaldu (pastikan tidak terlalu asin). Dengan cara ini, Anda jgua bisa memastikan hidangan tidak mengandung terlalu banyak lemak.

5. Dengan cara di Dikukus

Selain sayuran, bahan makanan yang juga baik dimasak dengan cara dikukus adalah ikan. Kebanyakan ikan dapat dikukus seluruhnya, atau dibuat fillet lebih dulu. Bumbui ikan dengan ringan, lalu tetesi dengan lemon untuk menghilangkan amis.

Ikan kukus akan mempertahankan cita rasa dan kandungan gizi seperti asam lemak Omega-3 yang ditemukan dalam semua makanan laut. Dengan mengukus, daging ikan tidak akan hancur selama proses memasak dalam food steamer. Bandingkan jika Anda merebus, memanggang, menumis, atau memanaskan ikan dengan cara lain. Ikan akan kehilangan gizinya.


Begitulah ulasan tentang bagaimana cara mengolah seafood yang baik dan benar. Semoga bermanfaat dan share ya..

Share:

0 komentar