Jenis dan Bagian Pisau Yang Harus Kamu Ketahui

Seperti yang kita tahu begitu banyak jenis pisau yang digunakan koki di dalam memasak makanan. Sekarang kita akan mempelajari bagian-bagian yang ada di pisau beserta berbagai jenis pisau yang digunakan untuk memasak.


Jenis dan Bagian Pisau Yang Harus Kamu Ketahui

Bagian - Bagian Pisau :
  • Point = Ujung Pisau
  • Spine = Punggung Pisau
  • Handle = Pegangan Pisau
  • Rivets = Paku untuk menyatukan pisau
  • Tang = Bagian untuk menguatkan pisau
  • Bolster = Bagian Pendukung
  • Heel = Tumit Pisau
  • Cutting Edge = Pemotong
  • Tip = Unjung Pisau

Sudah jelas kan nama-nama bagian pisau? Sekarang kita akan membahas jenis-jenis pisau yang sering digunakan di dapur.

Jenis - Jenis Pisau :

1. Paring Knife (Pisau Kecil Pengupas Buah atau Sayur)
Paring Knife (Pisau Kecil Pengupas Buah atau Sayur)
Pisau sehari-hari yang sempurna dengan pisau halus, ujung tombak yang tipis dan ujung yang kuat. Bagus untuk mengelupas kentang, buah, sayuran dan untuk melakukan tugas rumit lainnya seperti coring.

2. Turning Knife (Menghidupkan pisau)
Turning Knife (Menghidupkan pisau)
Pisau melengkung yang ditampilkan pada gaya pisau ini membuatnya sempurna untuk mengupas semua jenis buah dan sayuran. Pegangan pendek, pisau tipis dan ujung tegak juga ideal untuk menghilangkan mata dari kentang.

3. Boning Knife
Turning Knife (Menghidupkan pisau)
Pisau yang tipis dan melengkung memiliki tepi yang lurus, dirancang untuk membuat mengeluarkan daging dari tulang dengan cepat dan mudah. Versi fleksibel aviable dan ideal untuk penggunaan dengan unggas ikan.

4. Filleting Knife (Pisau Filleting)
Filleting Knife (Pisau Filleting)
Pisau panjang dan ramping ini sangat cocok untuk filleting dan menyiapkan ikan dan daging. Fleksibilitas pada pisau memudahkan pergerakan, membuat tugas yang rumit seperti menghilangkan kulit dengan cepat dan mudah.

5. Utility Knife (Pisau Miltifungsi)
Utility Knife (Pisau Miltifungsi)
Yang sangat serbaguna dan multi fungsi, gaya pisau ini cocok untuk memotong dan mengiris buah, sayuran dan potongan kecil daging. Biasanya fitur pisau kecil dan kaku membuat mereka sangat kuat.

6. Chopper Cina
Chopper Cina
Choppers memiliki penampilan yang sangat mirip dengan parang tapi biasanya tidak cocok untuk memotong tulang atau makanan beku. Sebagai gantinya mereka harus menggunakan untuk mengiris daging secara umum.

7. Cleaver (Kujang)
Cleaver (Kujang)
Pisau ini umumnya memiliki pisau segi empat besar yang sangat kokoh. Ujung tebalnya yang tebal membuat pisau ini cocok untuk peralatan yang sulit seperti membelah potongan daging dan iga.

8. Santoku Knife
Santoku Knife
Sangat cocok untuk persiapan daging, gorengan dan sayuran, pisau khusus ini memiliki pisau lebar untuk meraup makanan cincang dan melengkung dan untuk membantu gerakan goyang saat memotong.

Baca Juga : 
5 Ide Membuat Kopi Ala Kafe Mewah
Tips Cerdas Memulai Bisnis Kedai Kopi
Perhatikan Hal ini Supaya Kedai Kopi Anda Banyak Pengunjung
Proses Pertumbuhan Kopi

Mengenal Lebih Dekat Tentang Biji Kopi

9 Chef's Knife (Pisau Koki)
Chef's Knife (Pisau Koki)
Pisau yang paling umum digunakan dan populer, pisau koki memiliki pisau bertali kuat. Ini bisa digunakan untuk banyak tugas memotong dan mengiris, membuatnya menjadi pokok pokok dalam koleksi pisau Anda.

10. Bread Knife (Pisau roti)
Bread Knife (Pisau roti)
Menampilkan pisau bergerigi, panjang dan kuat yang memungkinkan Anda memotong roti yang menghasilkan irisan bersih tanpa ada robekan atau learing. Mereka juga bisa digunakan untuk mengiris makanan lunak lainnya seperti tomat.

Baca Juga : 
5 Ide Membuat Kopi Ala Kafe Mewah
Tips Cerdas Memulai Bisnis Kedai Kopi
Perhatikan Hal ini Supaya Kedai Kopi Anda Banyak Pengunjung
Proses Pertumbuhan Kopi

Mengenal Lebih Dekat Tentang Biji Kopi

11. Palette Knife (Pisau Palet)
Palette Knife (Pisau Palet)
Dengan pisau yang lebar dan tumpul, jenis pisau ini sangat bagus saat memasak omelettes dan pancake karena bahan fleksibel akan memungkinkan Anda meluncur di antara panci dan makanan dengan mudah.

12. Carving Knife (Pisau daging)
Carving Knife (Pisau daging)
Tujuan dari pisau ini adalah mengiris potongan daging tipis seperti unggas, daging panggang, ham, dan daging besar lainnya. Menampilkan pisau yang lebih tipis dari pisau lainnya, memungkinkannya untuk menghasilkan irisan yang lebih presisi.



Share:

0 komentar