Goreng Ikan Mujair Paling Praktis

Goreng Ikan Mujair Paling Praktis

Ikan mujair merupakan ikan yang hidup di air tawar yang biasa diternak oleh para peternak ikan di desa-desa Indonesia. Ikan mujair ini menyebar di perarian Afrika dan perairan Indonesia. Asal usul nama Ikan Mujair didapat dari nama penemunya yaitu Pak Mujair. Dia menemukan ikan mujair di muara Sungai Serang, Pantai Selatan Blitar, Jawa Timur.

Ikan mujair mengandung banyak nutri yang penting bagi tubuh antara lain protein, kabohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C. Dengan kandungan nutrisi yang sebanyak itu ikan mujair sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi anak kecil karena baik untuk pertumbuhannya.

Kali ini kita akan membuat ikan mujair paling sederhana dan praktis untuk dinikmati yaitu dengan cara digoreng. Tapi jangan kalian kira dengan kesederhanaan ini rasa ikan mujair jadi biasa saja. Justru dengan memasak yang sederhana ini menjadikan ikan ini memiliki rasa yang alami dan tentu saja lezat. Berikut cara membuatnya.

Bahan-Bahan yang Diperlukan :
  • 2 ekor ikan mujair segar (seperlunya saja) Baca juga : Kenali Tanda Sudah Tak Segar Lagi
  • Minyak goreng secukupnya
  • 6 buah bawang merah
  • 3 buah bawang putih
  • 2 cm kunyit
  • 1 sendok makan ketumbar
  • Garam halus secukupnya
  • Lada bubuk secukupnya
  • 1 sendok teh air jeruk nipis
Cara Membuat :
  1. Cuci bersih ikan mujair segar pilihan Anda.
  2. Baluri ikan mujair yang telah dicuci bersih dengan air perasan jeruk nipis, diamkan beberapa saat agar bau amisnya hilang dari tubuh ikan.
  3. Saat sedang menunggu air perasa jeruk nipis menyerap ke dalam ikan mujair, Anda bisa menumbuk semua bumbu yang selanjutnya akan dibalurkan ke tubuh ikan, yakni bawang merah, kunyit, ketumbar, bawang putih, garam dan lada bubuk. Jika semua bumbu sudah tertumbuk halus, lumuri ikan mujair tadi dengan bumbu-bumbu halus tersebut ke setiap bagian tubuhnya hingga benar-benar rata. Diamkan lagi sejenak.
  4. Kemudian, Anda bisa menyalakan kompor dan memanaskan minyak yang akan Anda gunakan untuk menggoreng ikan mujair.
  5. Pastikan minyak benar-benar panas agar ikan mujair matang sempurna dan tidak mentah di tengah.
  6. Masukkan ikan mujair yang telah terbumbui ke dalam wajan berisi minyak panas. Goreng hingga ikan benar benar matang, yakni berwarna kekuningan atau kecoklatan.
  7. Setelah ikan benar-benar matang dan kering, tiriskan di sisi wajan.
  8. Ikan mujair pun siap disantap dengan berbagai pelengkap seperti sambal tomat, sambal terasi dan lalapan sedap pastinya.

Share:

0 komentar