25 Keterampilan Yang Wajib Dimiliki Oleh Seorang Pelayan

25 Keterampilan Yang Wajib Dimiliki Oleh Seorang Pelayan

Keterampilan dalam pelayanan sangat berguna untuk menunjang popularitas perusahaan ataupun restoran Anda. Berikut ini adalah keterampilan yang wajib dimiliki oleh pelayanan di sebuah perusahaan ataupun dalam restoran untuk memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan.

Baca Juga : 
5 Ide Membuat Kopi Ala Kafe Mewah
Tips Cerdas Memulai Bisnis Kedai Kopi
Perhatikan Hal ini Supaya Kedai Kopi Anda Banyak Pengunjung
Proses Pertumbuhan Kopi

Mengenal Lebih Dekat Tentang Biji Kopi

1. Jadilah Pendengar Yang Baik

Dengarkan dengan baik perkataan pelanggan, ajukan pertanyaan dan ringkaskan jawaban dari pelanggan Anda. Ini pasti akan menunjukkan bahwa Anda peduli dan ingin menawarkan solusi yang tepat.

2. Keterampilan komunikasi Yang Bagus

Pelajari cara berkomunikasi secara efektif dengan klien Anda. Ketahuilah kapan harus mendengarkan, kapan harus berbicara dan bagaimana cara berbicara. Ini akan membuat proses komunikasi menjadi lebih sederhana setiap saat Anda berbicara dengan pelanggan.

3. Tenang dan Sabar

Cobalah untuk mengatur emosi dan tetap tenang. Ini akan membantu menangani pelanggan yang tidak puas dan bingung. Bila Anda tetap tenang, pelanggan Anda akan merasa jauh lebih dihormati.

4. Jaga Janji Anda

Mengembangkan kemampuan untuk mengelola ekspektasi terhadap keluhan pelanggan. Tetap up-to-date dengan kebijakan perusahaan untuk memastikan bahwa janji yang Anda buat agar pelanggan dapat menerima apa yang dia minta.

5. Jujurlah Dalam Berkomunikasi

Jujur dan transparan dengan pelanggan Anda membuktikan bahwa Anda benar-benar peduli dengan kebahagiaan dan kepuasan mereka, bahkan saat pesan yang Anda berikan tidak positif.

6. Apakah Pelanggan Senang Dengan Solusi Yang Ditawarkan?

Periksalah ulang kepuasan pelanggan untuk memastikan kepuasan mereka dan membantu meningkatkan reputasi Anda dengan pelanggan ini.

7. Mengetahui Secara Detail Apa Yang Kamu Layani

Pelajari setiap hal tentang setiap produk dan layanan yang Anda jual kepada klien Anda. Luangkan waktu untuk mempelajari produk serta berbagai solusi yang Anda tawarkan dalam berbagai keadaan.

8. Gunakan Bahasa Tubuh Yang Bagus

Mempertahankan bahasa tubuh yang baik juga penting meski Anda berbicara dengan klien melalui telepon. Sering tersenyum dan mengungkapkan kebahagiaan dan tawa dalam percakapan Anda membantu memperbaiki komunikasi dengan pelanggan.

9. Yakinkanlah Pelanggan Yang Sedang Kamu Layani

Jika Anda yakin percakapan Anda melalui telepon, maka meyakinkan pelanggan Anda untuk mengatasi kesepakatan atau solusi akan menjadi lebih mudah.

10. Selalu Siap Untuk Sesuatu Yang baru

Beradaptasi dalam lingkungan layanan pelanggan sangat penting untuk sepenuhnya mempersiapkan kejutan yang mungkin Anda hadapi saat berada di tempat kerja.

11. Bekerja Di Bawah Tekanan

Mengetahui bagaimana memecahkan masalah, berpikir ke depan dan menjaga ketenangan setiap saat akan membantu Anda menawarkan solusi terbaik bagi pelanggan Anda.

12. Apakah Anda Siap Dengan Masalah Yang Ditanyakan Pelanggan?

Menempatkan diri Anda pada posisi pelanggan Anda akan membantu Anda mendapatkan perspektif yang perlu untuk menemukan solusi yang sesuai dan memuaskan baik untuk klien Anda maupun perusahaan yang Anda wakili.

13. Gunakan Bahasa Positif

Menggunakan bahasa positif yang memotivasi dan dengan cara membujuk, adalah cara terbaik untuk menjangkau pelanggan Anda.

14. Memiliki Keterampilan Komputer

Bila Anda memiliki keterampilan komputer sebagai perwakilan layanan pelanggan, lebih mudah berkomunikasi dengan klien, pelanggan, dan individu perusahaan Anda dengan lebih cepat.

15. Ambil Langkah Ekstra

Melakukan lebih dari sekadar pelanggan pasti akan menghasilkan solusi dan pelanggan setia yang hebat.

16. Belajar Dari Kesalahan

Mengambil waktu untuk merenungkan kemungkinan kesalahan yang Anda buat adalah cara bagi Anda untuk kembali wawasan bagaimana mengelola pelanggan dengan benar dan berkomunikasi secara efektif setiap saat.

17. Jadilah Pemimpin

Menunjukkan bahwa Anda mampu memberikan solusi baru bagi pelanggan membuktikan kepemimpinan Anda dan meningkatkan profesionalisme Anda.

18. Ramah Dan Penuh Kasih Sayang

Sikap ramah dan peduli terhadap pelanggan Anda pasti akan membantu dalam menciptakan atmosfir yang tepat untuk mendapatkan solusi terbaik.

19. Kenali Organitas Anda

Berinteraksi dengan rekan kerja Anda dan bersikap ramah dengan mereka akan membantu Anda jika Anda pernah mengalami masalah di masa depan dengan masalah kompleks. Semakin banyak orang yang Anda kenal di organisasi Anda, semakin mudah untuk bekerja bersama untuk memastikan semua pelanggan Anda puas.

20. Manajemen Waktu

Mengelola waktu Anda dengan benar sebagai perwakilan layanan pelanggan pada akhirnya dapat berarti perbedaan antara tertinggal dalam panggilan minimum yang diperlukan dan unggul dalam posisi yang Anda pegang.

21. Menganalisa

Menganalisis masalah segera setelah Anda mulai berbicara dengan pelanggan adalah cara untuk menunjukkan profesionalisme Anda sekaligus meningkatkan kemampuan Anda sendiri untuk memecahkan masalah dan menemukan solusi baru.

22. Menegosiasikan dan Membujuk

Mengetahui bagaimana mencapai kompromi yang dapat diterima bersama antara Anda dan pelanggan Anda sangat penting untuk mencapai hasil yang saling menguntungkan.

23. Pahami Psikologi Manusia

Dapatkan psikologi manusia, bahasa tubuh, dan nada suara yang lebih dikenal saat berbicara dengan pelanggan. Belajar tentang perilaku manusia akan memudahkan Anda untuk mempengaruhi orang lain dan membuat hubungan yang tulus dengan pelanggan.

24. Memiliki keuletan

Menjadi berorientasi pada tujuan, Terfokus dan menentukan menunjukkan profesionalisme dan dedikasi Anda untuk mewakili perusahaan tempat Anda bekerja.

25. Tutup Kesepakatan itu

Memahami bagaimana menutup kesepakatan atau mendapatkan solusi dan menyelesaikan panggilan merupakan bagian penting dari proses komunikasi.


Share:

0 komentar