10 Cara Menghadapi Pelanggan Yang Marah

10 Cara Menghadapi Pelanggan Yang Marah

Pelaku usaha tidak pernah luput dari yang namanya komplain dari si pelanggan atau customer. Mereka terkadang tidak puas dengan pelayanan yang anda berikan dan mereka komplain atau marah terhadap pelayanan yang mereka terima.

Menangani pelanggan yang komplain atau sedang marah merupakan hal yang sangat menantang bagi seorang yang bekerja sebagai pelayan atau customer service. Baik menghadapinya langsung ataupun lewat media komunikasi seperti telepon. Biasanya anda akan berhadapan dengan rasa frustasi, ingin marah, dan ketidaksabaran dalam menghadapi pelanggan yang komplain atau marah tersebut. 

Baca Juga :
Teknik Roasting Biji Kopi Yang Baik
Rasa Dari Secangkir kopi
6 Tips Hilangkan Rasa Pahit Pada Kopi Pengganti Gula

Kunci keberhasilan menghadapi pelanggan yang komplain dan marah adalah tetap tenang dan sabar. Berikut ini adalah 10 cara menghadapi pelanggan yang marah :

1. Jangan Melawan, Sebaliknya Dekatilah Pelanggan Tersebut

Saat menghadapi pelanggan yang marah sebaiknya kita tidak menghidar darinya. Hadapilah dengan sikap profesional dan coba mengerti pelanggan tersebut kenapa dia bisa marah-marah. Temukan suatu cara agar dia bisa meredam kemarahannya.

2. Tetap Tenang, Sopan dan Profesional

Sikap tenang, sopan dan profesional wajib dimiliki oleh seorang pelayan. Disaat menghadapi berbagai permasalahan yang sering terjadi dalam pelayanan, seorang pelayan harus tetap tenang dan selalu menguasai permasalahan dengan tenang dan profesional.

3. Jangan Terlalu Diambil Hati

Orang yang sedang marah biasanya mengeluarkan kata-kata yang tidak enak didengar atau bersifat menyinggung. Seharusnya pelayan profesional tidak mengambil hati perkataan pelanggan yang sedang marah tersebut. Pelayan harus tetap profesional dan tidak gampang emosi untuk menghadapi pelanggan yang sedang marah tersebut.

4. Ajukan Pertanyaan Untuk Memahami Apa Maksud Pelanggan

Mengajukan pertanyaan lebih lanjut sangat dianjurkan untuk menghadapi orang yang marah. Ajukan pertanyaan yang sesuai dengan permasalahan yang sedang dihadapi dan gunakan nada suara rendah supaya tidak menyinggung si pelanggan yang sedang marah.

5. Jadilah Pendengar Yang Baik

Tidak jarang pelanggan marah karena kita tidak mendengarkan perkataan mereka saat memesan makanan atau minuman. Hal ini harus dihindari, pelayan harus menjadi pendengar yang baik untuk melayani pelanggan.

6. Tunjukkan Rasa Hormat

Jangan menghadapi orang marah dengan marah juga. Tunjukkan bahwa anda hormat pada orang itu dan tetap sabar untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

7. Selalu Minta Maaf Kepada Pelanggan

Apabila kita salah sesegera mungkin meminta maaf pada pelanggan yang kita salahi agar si pelanggan memaafkan anda dan tidak terjadi masalah berkelanjutan.

8. Apabila Tidak Bisa Menyelesaikannya Sendiri, Minta Bantuan Kepada Pelayan Lain

Apabila masalah sudah sangat kompleks dan tidak bisa diselesaikan sendiri mintalah bantuan kepada teman-teman anda. Menghadirkan banyak orang untuk menyelesaikan suatu masalah merupakan cara yang efektif supaya permasalahan bisa cepat selesai.

Baca Juga : 
5 Ide Membuat Kopi Ala Kafe Mewah
Tips Cerdas Memulai Bisnis Kedai Kopi
Perhatikan Hal ini Supaya Kedai Kopi Anda Banyak Pengunjung
Proses Pertumbuhan Kopi

Mengenal Lebih Dekat Tentang Biji Kopi


Coffee One, CoffeeOne




Share:

0 komentar