Jangan Asal! Ini Dia Cara Memakan Kepiting Yang Benar

Jangan Asal! Ini Dia Cara Memakan Kepiting Yang Benar

Bagi penikmat seafood, menikmat hidangan laut sangat wajib menggunakan tangan ketimbang sendok, garpu dan pisau. Selain lebih leluasa, makan seafood menggunakan tangan bisa menjangkau bagian-bagian sulit dari seafood yang anda makan seperti ikan dan kepiting.

Namun bagaimana jika disuatu kondisi anda dihadapkan dengan memakan seafood menggunakan sendok dan garpu untuk menyantap kepiting? Misalnya menyantap kepiting di restoran mewah yang lazimnya menggunakan sendok dan garpu. Tentu sangat tidak sopan bila anda memakan kepiting menggunakan tangan bukan?

Dibawah ini ada tips memakan kepiting yang benar supaya anda tidak kerepotan jika harus memakan kepiting dengan sendok dan garpu :

1. Pertama Belah Kepiting

Untuk memakan kepiting dengan sendok dan garpu, belah kepiting menjadi 2 atau 3 bagian. Kebanyakan restoran seafood menyajikan kepiting sudah dalam keadaan terbelah.

Jika belum dibelah minta tolonglah ke pelayan restoran itu untuk membelah kepiting sesuai bagiannya. Karena penyajian kepiting terbelah sudah menjadi standar restoran seafood.

2. Kedua, Hancurkan Cangkang Kepiting

Setelah kepiting dalam kondisi sudah terbagi 2 atau 3 bagian, ambilah capit kepiting. Capit kepiting memiliki daging yang paling banyak dari pada bagian lainnya.

Kemudian ambil bagian cangkang kepiting. Tekan dengan garpu dan pukul-pukul dengan sendok. Fungsi garpu untuk menahan cangkang kepiting supaya tidak lepas dan fungsi sendok untuk menghancurkan cangkang kepiting.

Setelah cangkang hancur, sisihkan cangkang dan siap keruk dagingnya menggunakan garpu. Sementara sendok berganti fungsi menekan agar capit diam. Garpu digunakan di awal untuk menghancurkan tekstur daging.

Setelah daging mulai habis, tinggal membersihkan di sela-selanya menggunakan sendok.

3. Ketiga, Daging Bagian Dada

Terakhir anda harus mencari dimana daging kepiting yang masih tersisa. Di bagian dada kepiting juga menyimpan daging yang lezat.

Memilih daging didalam dada kepiting harus cermat jangan sampai keliru dan memilih paru-paru kepiting. Rasa daging dan paru-paru kepiting sangat jauh berbeda. Jadi disarankan mengambil dagingnya saja.

Daging dada kepiting berada disisi kanan atau kiri dekat dengan kepiting, sedangkan paru-paru kepiting ada di bagian tengah atas.

Jika sudah berarti daging yang tersisa tinggal dibagian kaki kepiting. Silahkan eksplor sendiri untuk mencari daging kepiting. Caranya sangat susah bila menggunakan sendok dan garpu. Anda harus menggunakan tangan untuk mendapatkan daging di kaki kepiting. Caranya dengan diseruput daging kepiting itu.

4. Bagian-bagian yang harus dihindari ketika memakan kepiting.

Ada bagian dari kepiting yang harus dihindari untuk dimakan. Chef dari restoran sengaja tidak membuang bagian ini karena untuk menambah cantik tampilan kepiting meskipun tidak ada gunanya.

Bagian-bagian tersebut adalah cangkang atas dan ruang-ruas ujung jari kaki si kepiting.

Cangkang memang tidak bisa dimakan karena teksturnya. Ruang jari kaki kepiting kadang berlendir dan tidak boleh dimakan.

Sekian tips memakan kepiting menggunakan sendok dan garpu. Sangat sulit memang bila tidak terbiasa memakan kepiting dengan menggunakan sendok dan garpu. Tapi anda juga harus memakai tangan untuk mendapatkan daging dari di kaki kepiting. Semoga informasi ini bermanfaat, Terima Kasih.

Share:

0 komentar